F a Q

  1. Apa saja jenis layanan administrasi yang tersedia di Kantor Kecamatan Magelang Tengah?
    Layanan yang tersedia meliputi pencatatan dan meregister dokumen yang telah di terbitkan oleh kelurahan.
  2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pengantar administrasi?
    Waktu proses tergantung jenis layanan. Untuk surat pengantar sederhana, biasanya dapat diselesaikan di hari yang sama, asalkan semua persyaratan sudah lengkap.
  3. Apakah ada biaya yang dikenakan untuk semua layanan administrasi di Kecamatan?
    Semua layanan administrasi pada dasarnya gratis (tidak dipungut biaya) sesuai ketentuan pemerintah. Jika ada layanan lain yang berbayar, informasi biayanya akan diumumkan secara transparan.
  4. Kapan jam operasional pelayanan administrasi di Kecamatan Magelang Tengah?
    Jam operasional mengikuti jam kerja kantor pemerintah kota magelang, yaitu dari Senin sampai Jumat, biasanya dimulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari antrian.
  5. Bisakah saya mengurus dokumen administrasi atas nama orang lain (diwakilkan)?
    Untuk beberapa jenis dokumen, pengurusan bisa diwakilkan dengan membawa surat kuasa bermeterai dan KTP asli penerima kuasa. Namun, untuk dokumen vital, wajib dilakukan oleh yang bersangkutan.
  6. Bagaimana cara mengajukan permohonan legalisir dokumen?
    Bawa dokumen asli yang akan dilegalisir dan fotokopi dokumen tersebut. Serahkan ke loket pelayanan. Legalisir biasanya hanya untuk dokumen yang diterbitkan Kecamatan Mageang Tengah.
  7. Di mana lokasi Kantor Kecamatan Magelang Tengah?
    Kantor Kecamatan Magelang Tengah berlokasi di Jalan Sumbing Nomor 6 Kota Magelang. Anda bisa mencarinya melalui aplikasi peta digital untuk panduan yang lebih akurat.
  8. Apakah ada layanan pengaduan atau kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut?
    Ya, layanan WhatsApp 08112632932 (Kasi Pelayanan) untuk informasi dan pengaduan.

Loading

Apel Mateng

Pengaduan Masyarakat

Survey Kepuasan Masyarakat

Alur Layanan

PPID

Statistik Layanan

Tugas & Fungsi

Berdasarkan Peraturan Walikota Magelang Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Magelang Tengah, Lurah Magelang sebagai bagian dari OPD Kecamatan, mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan; pemberdayaan masyarakat; pelayanan masyarakat; memelihara ketenteraman dan Ketertiban Umum; memelihara prasarana dan fasilitas pelayanan umum; melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh camat; pengintegrasian program sektoral di kelurahan dengan program pembangunan kelurahan. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Lurah mempunyai fungsi:

  1. Perumusan rencana dan kebijakan teknis di bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.
  2. Pengoordinasian dan pengarahan dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian Kelurahan.
  3. Pengoordinasian pelaksanaan kegiatan di tingkat Kelurahan.
  4. Pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya.
  5. Pelaksanaan tugas sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku serta pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan operasional di lingkup tugasnya.

Visi & Misi

Visi dan Misi yang merupakan arah pembangunan daerah Kota Magelang tahun 2021-2026 yang berangkat serta dilandasi dari Visi, Misi serta Program Unggulan Walikota dan Wakil Walikota Magelang terpilih hasil Pemilu Kepala Daerah Tahun 2020.

Misi merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Rumusan misi dikembangkan dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan strategis, baik eksternal dan internal yang mempengaruhi pembangunan daerah. Visi Kota Magelang dalam perwujudannya ditempuh melalui misi, dan telah dirumuskan dalam 5 (lima) butir misi, yaitu:

  1. Mewujudkan masyarakat yang relijius, berbudaya, beradab, toleran, berlandaskan IMTAQ;
  2. Memenuhi Kebutuhan Pelayanan Dasar masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia;
  3. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Inovatif;
  4. Meningkatkan ekonomi masyarakat dengan peningkatan peran UMKM berbasis ekonomi kerakyatan;
  5. Mewujudkan kota modern yang berdaya saing dengan peningkatan kualitas tata ruang daninfrastruktur;

Kelurahan Magelang sebagai bagian dari OPD Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang sebagai OPD yang bersifat kewilayahan mendukung seluruh misi yang ada namun utamanya lebih ditekankan pada misi pertama dan misi ketiga.

Perbaikan tata kelola pemerintahan dengan sentuhan inovasi akan mewujudkan komponen visi Magelang Kota yang maju. Kemajuan suatu kota sangat ditentukan oleh kualitas pengelolaan kota. Dengan demikian reformasi birokrasi menjadi aspek utama dalam misi ke 3 ini. Untuk melaksanakan reformasi birokrasi ditempuh melalui beberapa pilar, yaitu: organisasi; tata laksana; peraturan perundang-undangan; sumber daya manusia aparatur; pengawasan; akuntabilitas; pelayanan publik; serta budaya kerja.

Sejalan dengan penerapan konsep pengembangan kota cerdas, maka kehadiran teknologi informasi (TIK) dan komunikasi akan sangat dibutuhkan, oleh karena itu pemanfaatan TIK menjadi prioritas utama dalam menopang upaya peningkatan tata kelola pemerintahan. Konsep yang diterapkan adalah memadukan antara kecerdasan manusia (human intelligence) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sumber daya manusia yang semakin cerdas dan didukung kehadiran TIK akan menghasilkan berbagai inovasi untuk perbaikan tata kelola pemerintahan, yang pada akhirnya akan mengarah pada terwujudnya Magelang sebagai kota yang maju.

Kehadiran TIK juga akan diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, utamanya pelayanan perizinan. Bukan saatnya lagi perizinan menjadi hambatan bagi masyarakat untuk mendapatkan haknya sesuai peraturan yang berlaku. Kepastian menjadi kata kunci, yaitu kepastian yang terkait waktu lamanya proses perizinan, kepastian terkait besaran biaya yang harus dikeluarkan, serta kepastian dalam mendapatkan kemudahan.